Kamis, 27 September 2007

catatan dan kutipan belum lengkap

dari hasan ketika (cucu imam hasan mujtaba) punya ayah namanya hasan juga
jadi dari hasan, min hasan dan hasan : akhal yang baik adalah akhlak hasan.

puasa itu menahan keburukan, mengurangi prilaku menyakiti, (jafar hadi), kareana ada 3 hal, perut kosong, tidak takabur dan ......
ingan tuhan , zikir, banyak quran, jadi tidak lalai, jadi di ramadan 3 ini dinegatifkan , perut kenyang, takabur dan lalai.

kristen dan islam itu berangkat yang berbeda, kristen cinta islam ilmu, fa'lam anahu la ilaha illah

di kristen hawa itu menggoda adam, di islam adam melanggar perintah tuhan, jadi dalam islam penekanan pada syariat dan di kristen pada cinta karean zaman itu oran g terlalu rasioanl.


jangan biarkan mind ini dibisiki terus oleh was-was, fitrah manusia baik tapi kalau terus dibisiki maka ia akan jadi kotor, khonas, tempat tersembunyi

esensi agama itu satu, elemen-elemen agama haruslengkap dan sesuai dengan manusia

jadi islam lakukan ini , jangan lakukan itu, dan begitu terus karena adam melanggar, maka ia harus dibangkitkan dengan ketaatan.

shadra : salat dan sabar itu dua hal paling utama, ibadaha paling lengkap salat, dan akhlak paling lengkap sabar, ayat mintalah tolong dngan salat dan kesabatan itu untuk orang muslm saja atau untukse mua, terdapat perbedaan pendapat.




ibnu sina memang pada asalnya menggunakan burhan limi (dari cause - efek, dari api ke asap) dan ini dari efek ke cause, dari asap ke api, panas ke api, tak karena tuhan tidak memiliki sebab maka burhan limi tidak mungkin , sementara kalau burhan ini yaitu dari alam ke tuhan, maka itu lemah,
jadi ibnu sina menggnakan yan gmirip burhan ini yaitu wujud mumkin ke wajibul wujud

tapi ada perbedaan karena ia start tidak dengan menyuebutkan ini wujud mumkin dan ini wujud wajib, pokok nyu aia mulai dengan eksisten.

Tidak ada komentar: